Manfaat, Kandungan gizi serta Khasiat buah Gandaria

 

Gandaria Manfaat, Kandungan gizi serta Khasiat buah Gandaria | Khasiat XAMthone Plus

Buah gandaria memiliki warna hijau dan kulit buah berangsur kekuningan atau jingga ketika buah beranjak matang. Bentuknya oval sebesar bola bekel. Bijinya berwarna ungu muda. Cita rasanya asam segar. Gandaria (Bouea macrophylla Griffith) atau nama lokal lainnya jatake adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand. Berikut saya akan berbagi manfaat buah Gandaria, ayo simak sama-  sama…..!!. Untuk pemesanan obat Tradisional Xamthone Plus klik Disini!!!!

 

Klasifikasi Gandaria

Kerajaan : Plantae

 Divisi   :   Magnoliophyta

 Kelas   :   Magnoliopsida

Ordo    :    Sapindales

Famili   :   Anacardiaceae

 Genus  :                Bouea Spesies: B. macrophylla

Nama binomial Bouea macrophylla Griffith

Deskripsi Tanaman Gandaria

pohon gandaria 300x225 Manfaat, Kandungan gizi serta Khasiat buah Gandaria | Khasiat XAMthone Plus

Tanaman berupa pohon dengan ketinggian hingga 27 m dengan tajuk rapat. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudia berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua. Perbungaannya malai, muncul di ketiak daun, Buahnya bertipe buah batu, berbentuk agak bulat, berdiameter 2,5-5 cm, berwarna kuning sampai jingga, daging buahnya mengeluarkan cairan kental; buahnya tidak berbulu, rasanya asam sampai manis, dengan bau yang khas agak mendekati bau terpentin. Keping biji berwarna lembayung.

Gandaria adalah tumbuhan tropik basah dan dapat tumbuh pada tanah yang ringan dan subur. Tumbuh liar di hutan dataran rendah di bawah 300 m dpl., tetapi dalam pembudidayaan telah berhasil ditanam pada ketinggian sekitar 850 m dpl.Untuk pemesanan obat Tradisional Xamthone Plus klik Disini!!!!

Kandungan Gizi Buah Gandaria

Kandungan Nutrisi Buah Gandaria per 100 gram buah menurut Divisi Nutrisi Depkes : air 86.6 g, protein 40 mg, lemak 20 mg, karbohidrat 11.3 g, serat 150 mg, calcium 9 mg, phosph 4 mg, zat besi 0.3 mg, Beta karotin 23 mg, thiamine 0.11 mg, riboflavin 0.05 mg, niacin 0.5 mg dan vitamin C 100 mg.

 

Manfaat  / Khasiat Buah Gandaria

Buah Gandaria  biasanya yang dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung.Berikut Contoh Manfaat buah gandaria sebagi berikut :

  • Manisan Gandaria.

Gandaria mengkel dibelah dua, terus direndam semaleman dalam larutan air garam, tiriskan. Buat larutan gula (air + gula secukupnya sesuai selera + kalo suka tambahkan kayu manis batangan), didihkan, dinginkan. Rendam gandaria dalam larutan ini, simpan di lemari es, nikmati dingin beberapa jam kemudian. Nyam nyam.Untuk pemesanan obat Tradisional Xamthone Plus klik Disini!!!!

  • Juice Gandaria.

Nah yang ini lebih gampang banget, tinggal iris2 gandaria ranum bagaikan iris mangga, masukin ke juicer, tambahkan gula sesuai selera, es batu dan susu kental manis jika suka, jalankan juicer. Selesai deh, selamat menikmati juice gandaria yang lezat.Untuk pemesanan obat Tradisional Xamthone Plus klik Disini!!!!

Incoming search terms: